IKA NOVITASARI Nothing's exist without EFFORTS!


Senin, September 01, 2008

Fitur-fitur Baru

Di samping masih mengandalkan beberapa fitur lama yang cukup stabil, misalnya dalam penanganan user interface dan record management, dalam versi yang terbaru, beberapa fitur lama dioerbaharui dan diperlengkapi. Menurut pengamatan penulis, dalam versi terbaru, terdapat tiga kelas penting yang sepertinya akan memacu kemajuan bidang mobile application di masa depan.
Fitur-fitur tersebut adalah:
· Multimedia
Dengan package ini diharapkan memunculkan lebih banyak lagi aplikasi Multimedia yang berbasis Java, yang tentunya lebih kaya variasi debandingkan aplikasi multimedia yang ada sekarang, misalnya MMS
· Game API
Sebenarnya, salah satu kritikan yang paling pedas dari versi terdahulu adalah dukungan package yang rendah terhadap beberapa fungsi pengolahan game standar seperti animasi, sprite, dan sebagainya। Padahal aplikasi Game dijadikan Killer Application untuk menarik pasar mobile application di seluruh dunia untuk beralih ke Java.
· Secure Networking
Dalam versi sebelumnya, fasilitas ini masih sangat primitif. Dengan perbaikan dalam versi terbaru, diharapkanakan mendorong bisnis mCmmerce.

Multimedia
Tim pembuat versi MIDP 2.0, telah begitu lama mempersiapkan fitur ini. Jika Anda rajin mengunjungi situs
http://wireless.java.sun.com/ atau mengikuti forum-forum diskusi J2ME, Anda pasti akan sering membaca pembahasan Mobile Media Api (MMAPI). API inilah yang sebenarnya berperan besar dalam melengkapi fitur multimedia dalam MIDP versi 2.0. Contohnya saja tentang bagaimana menghasilkan nada sederhana menggunakan metode playTone() yang ada dalam kelas avax.microediton.media.Manager.
Dalam versi awal, fitur ini belum disediakan. Hal inilah yang barangkali menjadi salah satu sebab, mengapa MIDP 1.0 banyak dikeluhkan oleh para developer games. Tentunya sebuah game menjadi tidak seru jika tanpa suara, bukan?
Bila Anda ingin memanfaatkan metode di atas, caranya sangatlah mudak. Anda hanya perlu menentukan nada, durasidalam satuan milidetik, dan terakhir menetapkan berapa volumenya. Contohnya sebagai berikut:
try{
Manager.playTone{60, 800, 10}
}
catch (MediaException me){}

Secure Networking
Versi MIDP terbaru menggunakan HTTPS atau HTTP yang memanfaatkan Secure Sockets Layer (SSL). SSL adalah protokol soket yang digunakan untuk mengenkripsi data melalui jaringan sekaligus menyediakan autentifikasi soket di titik akhir. Pemakaian HTTPS dalam versi terbaru relatif lebih stabil dibanding versi sebelumnya.
MIDP 2।0 juga memiliki fasilitas untuk menginformasikan keamanan koneksi melalui kelas javax.microedition.io.SecurityInfo, serta mampu menampilkan sebuah sertifikasi kriptografi melalui kelas javax.microedition.pki.Certificate.

Game API
Game API pada versi 2.0 memanfaatkan kelas-kelas standar grafis yang low level. Artinya penanganannya berdasarkan penanganan titik dalam sebuah layar. Pada versi baru terdapat lima buah kelas untuk menanganin game, yaitu GameCanvas, Layer, LayerManager, Sperite, dan TiledCanvas. Kelas GameCanvas (javax.microedition.Icdui.game.Layer) merupakan kelas merepresentasikan elemen visual dari sebuah game. Kumpulan dari Layer ini diatur oleh LayerManager (javax.microedition.Icdui.game.LayerManager).
Kelas Sprite (javax.microedition.Icdui.game.Sprite) digunakan untuk elemen visual dasar yang dapat dirender dengan satu dari beberapa frame yang tersimpan dalam sebuah gambar. Sedangkan kelas TiledLayer (javax.microedition.Icdui.game.TiledLayer) merupakan elemen visual yang terdiri atas sederetan sel yang dapat diisi dengan sekumpulan gambar.
Penggunaan kelas-kelas dalam Game API cukup sederhana. Salah satu yang paling menarik adalah penggunaan view window pada LayerManager. View window berfungsi mengatur daeran mana yang harus ditampilkan. Anda dapat menggambar dahulu seluruh latar belakang yang menjadi bidang gerak game yang Anda buat. Kemudian Anda tinggal mengambil sebagian daerah yang ingin ditampilkan di layar handset Anda yang tentunya lebih kecil dari keseluruhan daerah tersebut sesuai keinginan.
Untuk membuat Sprite, Anda tidak lagi harus menggunakan beberapa gambar karakter tersebut seolah-olah bergerak, tapi dapat menggunakan satu buah gambar saja. Pada gambar tersebut, Anda perlu menentukan urutan frame dari gambar tersebut untuk menentukan bagian frame mana yang ditampilkan di layar pada suatu waktu.
Hampir sama dengan penanganan Sprite, penanganan latar belakang pun dapat dilakukan dengan sebulah gambar yang terdiri atas beberapa frame menggunakan kelas TiledLayer.
Dari uraian tadi, jelas rasanya kalau beberapa industri yang bergerak dalam games dan mCommerce akan benar-benar diuntungkan dengan munculnya MIDP versi 2.0 ini.

posted by V.I.T.A @ Senin, September 01, 2008,


0 Comments: